by

5 Pilihan Kertas yang Cocok untuk Mencetak Kartu Nama

-Bisnis-160 views

Sudah desain bagus-bagus, tapi kalau kertas untuk mencetak kartu nama berkualitas buruk, hasilnya juga kurang maksimal. Biasanya, ukuran kartu itu antara 90mm x 55mm. Nah, sebelum cetak kartu, perlu ketahui dulu kertas apa saja yang berkualitas. Biar nanti bisa Anda sesuaikan dengan bujet untuk mencetaknya. Inilah 5 kertas pilihan yang dimaksud.

Kertas yang Cocok untuk Mencetak Kartu Nama

  1. Kertas Linen

Ciri khas kertas ini memiliki tekstur yang halus. Baik jika diraba dari perspektif vertikal maupun horizontal. Biasanya, jenis kertas ini digunakan untuk mencetak kartu versi minimalis. Alhasil, warna yang tampil pun sangat terbatas ruangnya. Jadi, desainnya mesti serba-efektif agar terkesan elegan ketika sudah jadi.

Untuk jenis kertas ini juga memiliki varian warna serta ketebalan yang berbeda satu sama lain. Kalau dari sepintas, mirip dengan kertas buffalo. Seringkali justru dianggap sama. Kalau di pasaran sih seringnya dijual versi 220 gram atau 250 gram. Tinggal pilih yang mana. Kemudian sesuaikan dengan bujet serta kebutuhan cetak kartu yang Anda inginkan.

  1. Kertas Splendorgel

Di antara kertas lain, jenis splendorgel cukup sering digunakan. Sebab, jenis kertas ini bertekstur kaku, halus, dan juga berwarna putih terang. Begitu dipegang, terasa kukuh. Seakan-akan memberikan rasa percaya diri pada setiap pemegangnya. Kesan ini sangat penting, tentu saja. Sebab, klien atau mitra bisnis Anda perlu diberi kesan baik lebih dulu.

Kenapa kertas ini sangat difavoritkan? Saat desain kartu tercetak, hasilnya tetap halus tanpa pecah-pecah. Apalagi jika desainnya menggunakan software dari Adobe Ilustrator atau Corel Draw. Kertas ini bisa Anda fungsikan juga untuk mencetak foto, kartu undangan, serta greeting card.

  1. Kertas BW

Ciri khas kertas ini juga lain. Teksturnya memang tidak licin serta kurang berkilau. Bahkan Anda bisa menuliskan ringkasan profil perusahaan via tulisan tangan. Desainnya yang serba minimalis menjadi keunggulan tersendiri. Kartu dengan bahan kertas ini sangat cocok digunakan sebagai alternatif kertas lain jika stoknya kosong.

Kertas ini juga kerapkali digunakan untuk pembuatan kalender ataupun booklet. Di pasaran tersedia dengan ukuran 160 gram, 250 gram, ataupun 220 gram. Biasanya disebut dengan kertas manila. Kenapa cocoknya dijadikan sebagai alternatif? Sebab, meskipun agak kaku, tapi tetap riskan. Kalau Anda laminating sih tidak masalah.

  1. Kertas Laminating

Selain splendorgel, jenis kertas ini juga sangat cocok untuk pembuatan kartu nama Anda. Sebab, hasil akhirnya selalu dilapisi oleh plastik doff yang tipis. Jadi, cocok sekali dibawa ke mana saja tanpa khawatir terpengaruh oleh perubahan iklim atau cuaca ekstrem. Kertas ini juga tahan terhadap air dan tidak mudah sobek. Uniknya, bisa beradaptasi dengan semua jenis ragam desain.

  1. Kertas Art Carton

Apakah Anda suka dengan desain kartu yang minimalis? Bisa gunakan jenis kertas art carton ini. Sebab, teksturnya agak berkilau serta licin saat diraba. Namun tidak mudah saat menulis di atas permukaannya menggunakan pulpen. Meskipun teksturnya licin, ada baiknya jenis kertas ini Anda gunakan sebagai alternatif saja.

Jika dibandingkan dengan kertas art paper, jenis kertas ini lebih berat serta tebal. Tapi dari segi bahannya sama dengan art paper. Selain digunakan untuk proses mencetak kartu, bisa pula untuk bikin katalog, kartu undangan, maupun kalender. Siapa tahu kelak Anda ingin membuat kalender dengan latar foto dari perusahaan.

Harga untuk masing-masing kertas tentu berbeda. Sekarang, Anda sudah bisa memesan langsung via daring. Tapi, untuk memastikan kualitasnya sama dengan ekspektasi, ada baiknya beli langsung via tokonya. Biar hasil cetak kartu nama perusahaan Anda lebih berkualitas dan awet dalam jangka panjang.

Comment

News Feed