by

Apa Saja Keuntungan Membaca dan Menulis di Opini.id?

Berkat penetrasi media daring, beragam opini pun bermunculan bak jamur di musim penghujan. Akibatnya, sulit dibedakan antara yang opini atau murni fakta. Untuk menjembatani hal tersebut, maka opini.id pun hadir dengan beragam keunggulan. Baik untuk pembaca maupun penulis (kreator). Berikut keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Media yang Tepat untuk Berekspresi

Apabila Anda selama ini gemar berkarya sebagai kolumnis atau penulis opini, bisa berekspresi di situs ini. Tulisan yang Anda buat boleh disajikan secara kreatif dan suka-suka, asalkan tidak menyimpang dari asas jurnalistik. Berhubung media ini dibentuk untuk merangkul artikel opini, maka bahasa yang Anda gunakan boleh lebih santai.

Sebab, berita-berita yang terbit di media mainstream acapkali kaku dan tidak kompatibel untuk masyarakat awam. Sedangkan situs binaan Frandy Wirajaya berusaha menyajikan konten yang relevan dengan para pembaca masa kini. Jadi, penyajiannya pun lebih kreatif, modern, dan menarik. Coba tengok-tengok desain website-nya. Sederhana sekali, bukan?

Berbasis Data-Data yang Aktual dan Faktual

Saat ini, Indonesia tengah berada dalam situasi yang gawat darurat gara-gara diserbu oleh kabar hoax. Media penyebar berita bohong pun bermunculan dan sepertinya sulit untuk ditumpas dalam waktu singkat. Sebab, selalu ada saja cara untuk menghindar dari sanksi Menkominfo. Nah, daripada baca yang tidak-tidak, mending baca artikel di opini.id.

Setiap opini yang tampil selalu disajikan secara aktual dan faktual. Data-data yang ditampilkan berdasarkan sumber terpercaya. Meskipun berbasis opini publik dari para kreator, konten-kontennya selalu mengikuti arus perubahan yang ada di Tanah Air. Artikelnya pun tidak melulu soal politik, tetapi ada juga topik sosial dan budaya.

Tanggung Jawab Konten 100% Diserahkan pada Kreator

Meskipun pihak pengelola situs juga bikin konten, tapi banyak yang berasal dari tangan kreator. Untuk berjaga-jaga agar hal yang tak membahayakan kelangsungan situs, maka pihak pengelola menyerahkan tanggung jawab konten sepenuhnya kepada kreator. Jadi, jika ada gugatan dari pihak ketiga, penulis tersebut yang harus menghadapi seorang diri.

Ini menarik. Para penulis yang aktif menyuarakan opininya jadi lebih berani, kritis, sekaligus tajam. Tidak lagi bermain-main jika menyangkut kredibilitasnya sebagai kreator. Setelah terbit beberapa kali, keuntungannya akan diberikan fasilitas berupa dasbor untuk membuat konten. Dengan kata lain, Anda sebagai kreator akan mendapat tempat istimewa di situs ini.

Mendapatkan Pembaca yang Loyal

Situs ini tergolong aktif dan eksis dalam waktu lama. Tentu sudah memiliki basis pembaca sendiri. Begitu Anda menulis di situs ini, maka dengan sendirinya akan memiliki pembaca yang loyal. Asalkan rajin menerbitkan artikel yang berkualitas dan berpotensi viral. Langkah bagus, tentu saja, jika Anda baru berkiprah sebagai penulis opini untuk publik.

Dengan bersuara lewat situs opini, secara langsung Anda turut peduli dengan beragam masalah sosial. Para pembaca akan mendapatkan beragam manfaat dari apa yang Anda tuliskan. Nantinya, setelah Anda eksis dan memiliki banyak pembaca loyal, kan bisa membuat situs pribadi. Bukankah menyenangkan jika suara kita didengar banyak orang?

Meningkatkan Kepekaan Diri terhadap Permasalahan

Sekarang sudah bukan zamannya lagi menelan bulat-bulat suatu informasi. Untuk mendapatkan data yang relevan dan terpercaya, perlu analisis yang mendalam. Kemudian bisa Anda paparkan kembali dalam bentuk opini untuk publik. Tujuannya agar lebih layak dikonsumsi. Secara tidak langsung, aktivitas ini bisa meningkatkan kepekaan diri Anda.

Membaca dan menulis opini itu sangat menyenangkan. Sama halnya dengan curhat sehari-hari. Hanya saja berbasis data yang akurat dan ditujukan untuk publik. Beruntung, sekarang sudah ada media yang reliabel untuk mewadahi suara-suara Anda. Namanya opini.id. Apakah Anda sudah siap berkontribusi?

Comment

News Feed