by

Beberapa Hal Mengenai Tes Pendengaran yang Harus Anda Ketahui

Tes pendengaran merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan pendengaran yang dimiliki oleh seseorang. Tes pendengaran dilakukan dengan mengukur seberapa baik suara padat di dengar oleh pasien. Gangguan pendengaran dapat dibagi menjadi dua yaitu tuli sensorineural serta tuli konduktif. Tuli sensorineural terjadi jika organ bagian dalam telinga tidak berfungsi normal, sehingga suara tidak dapat terhantar ke otak. Sedangkan tuli konduktif terjadi bila terdapat masalah pada saluran tengah telinga.

Kapan harus melakukan tes pendengaran?

Biasanya, penderita dengan gangguan pendengaran menurun bingung, sebenarnya kapan mereka harus melakukan tes pendengaran. Tes pendengaran bisa dilakukan saat mengalami tanda-tanda seperti merasa terdapat dengungan di dalam telinga, bicara terlalui keras sampai membuat lawan bicara menjadi terganggu, sulit mendengar percakapan terutama ketika suasana sedang ramai, serta sering meminta lawan bicara mengulangi pembicaraan.

Persiapan Melakukan Tes Pendengaran

Sebelum melakukan tes pendengaran, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pasien seperti:

  • Melakukan konsultasi dengan dokter, apakah belakangan ini Anda mengalami gangguan pendengaran seperti kurang mendengar, atau mendengar suara nyaring yang membuat telinga menjadi sakit,
  • Sampaikan pada dokter bila Anda memiliki gangguan ketika mendengar percakapan maupun merasakan gejala kehilangan pendengaran,
  • Nantinya dokter akan memeriksa bagian dalam telinga, bila terdapat kotoran telinga yang mengeras, dokter akan mengeluarkannya, sehingga tidak akan mempengaruhi hasil tes,
  • Beberapa tes akan dilakukan dengan menggunakan headphone. Nantinya pasien akan diminta melepas berbagai aksesoris seperti anting, dan kacamata sehingga alat bantu dengar tidak akan mengganggu tes.

Saat Anda sudah selesai melakukan tes pendengaran, pasien dan dokter akan mendiskusikan hasil tes seperti tingkat gangguan pendengaran yang dialami, hingga kemungkinan untuk menggunakan alat bantu dengar. Selain itu pasien juga disarankan untuk menggunakan pelindung telinga saat berada di tempat bising.

Jika ternyata dokter mengharuskan Anda untuk menggunakan alat bantu dengar, salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk pembelian alat bantu dengar ada di Melawai. Ada websitenya yaitu pusatalatbantudengarmelawai com. Di sana, Anda dapat memilih alat bantu dengar sesuai dengan budget dan bentuk yang Anda inginkan.

Comment

News Feed