by

Beragam Cara Jitu untuk Menghilangkan Karang Gigi

Salah satu masalah gigi yang paling sering disepelekan adalah karang gigi. Padahal kondisi ini seharusnya diperhatikan secara khusus agar tidak berdampak ke kerusakan gigi yang lebih parah. Apa saja cara menghilangkan dan membersihkan karang gigi?

Mengenal Penyebab Karang Gigi

Penyebab karang gigi adalah berkembangnya plak yang dihasilkan dari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat seperti gula dan pati, susu, kismis, kue, permen, serta minuman ringan lainnya.

Bakteri yang tertumpuk dari jenis makanan dan minuman tersebut akan hidup di mulut dan berkembang biak hingga menghasilkan asam. Jika bakteri ini tinggal lebih lama pada mulut dan gigi, asam yang dihasilkan dapat merusak enamel gigi yang mengakibatkan kerusakan gigi.

Plak pun dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi yang menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi.

Karang gigi yang dibiarkan terus menerus dapat muncul semakin banyak dan mengiritasi gusi. Untungnya, ada sejumlah cara menghilangkan karang gigi serta membersihkannya agar tidak semakin parah.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Scaling adalah cara menghilangkan karang gigi yang paling cepat dan aman. Meski begitu, ada juga cara menghilangkan karang gigi.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Menyikat gigi secara teratur masuk dalam daftar pertama sebagai cara menghilangkan juga membersihkan karang gigi. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit.

Kebanyakan orang sering kali menyikat gigi sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik. Padahal, menyikat gigi terlalu cepat tidak efektif karena kotoran dan plak masih menempel di permukaan gigi.

2. Sikat gigi dengan cara yang benar

Meski rajin menyikat gigi setiap hari, hasilnya akan sia-sia kalau tekniknya salah. Ayo coba cek lagi, sudah benarkah teknik menyikat gigi Anda?

Sikatlah gigi Anda dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai dari gigi geraham atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut.

3. Gunakan baking soda

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi yang membandel adalah menggosok gigi dengan menggunakan baking soda. Tidak hanya efektif, cara ini diklaim aman untuk dicoba.

Soda kue mampu untuk menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi Anda. Dalam sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak.

Tak hanya itu, kandungan soda kue dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Ditambah dengan adanya sifat antimikroba untuk mencegah kerusakan gigi.

4. Bersihkan lidah

Tahukah Anda bahwa 50 persen bakteri dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah? Maka itu, membersihkan lidah juga perlu jadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari.

Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Sayangnya, plak ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur pakai obat kumur.