by

Fitur-fitur Baru Instagram yang Meluncur di Tahun 2021

Sudah 11 tahun sejak Instagram di luncuran, yaitu tepatnya pada tanggal 6 Oktober tahun 2011. Untuk memanjakan para penggunanya Instagram terus saja merilis fitur-fitur baru. Selain itu Instagram juga terus memberikan inovasi dan juga pembaruan dalam perkembangannya. Pada awalnya Instagram hanya menawarkan beberapa fungsi dasar yaitu fungsi membagikan foto tanpa adanya filter dan juga fitur yang menarik.

Kemudian seiring dengan berkembangnya tentu saja Instagram saat ini sudah memiliki banyak sekali fitur-fitur yang menarik. Bahkan, Instagram sendiri sepanjang tahun 2021 ini mereka terus saja merilis berbagai fitur baru. Dan biggu.com sudah merangkum beberapa fitur-fitur terbaru Instagram yang sudah muncul sepanjang tahun 2021.

Fitur ‘Recently Delete’

Fitur ini akan memungkinkan kalian sebagai pengguna Instagram untuk mendapatkan kembali video atau foto yang sudah dihapus. Dan beberapa postingan kalian di Instagram yang sudah dihapus nantinya akan masuk ke dalam folder tersebut. Reels, foto, video IGTV dan juga video yang kalian hapus ini akan permanen dengan sendirinya setalah 30 hari.

Agar dapat mengembalikan postingan kalian yang sudah kalian hapus, kalian hanya perlu meng-klik ‘Restore’ yang ada di postingan kalian. Dan untuk mengaksesnya kalian harus menuju ke ‘Setting’ kemudian klik ‘Account’ dan klik folder ‘Recently Delete’ lalu klik ‘Delete/Restore’.

Fitur Profesional Dashboard

Pada awal tahun 2021 Instagram sendiri meluncurkan sebuah fitur Badges yang tersedia di bagian akun bisnis ataupun kreator. Fitur Profesional Dashboard di Indonesia memiliki fitur ‘Food Orders’. ‘Set Up Instagram Shopping’ dan juga ‘Branded Content Tools’.

Pesan Lintas Platform IG dan Messenger

Fitur ini akan memungkinkan para penggunanya untuk mengirim pesan lintas platform. Para pengguna Instagram juga dapat mengirim direct message kepada para pengguna Facebook Messenger, dan begitu juga sebaliknya. Agar bisa menggunakan fitur ini, kedua akun dan pengguna harus sudah terintegrasi terlebih dahulu.

Live Room

Instagram Live pada awalnya hanya bisa di lakukan oleh dua pengguna saja. Tetapi saat ini Instagram sudah meluncurkan sebuah fitur Live Room yang bisa digunakan oleh empat orang. Live Room sendiri memiliki empat buah jendela dalam satu layar, yang nantinya akan bisa diisi oleh empat pengguna secara bersamaan. Instagram memunculkan fitur ini karena selama pandemi Covid 19 Live Streaming meningkat.

Fitur yang Bisa Matikan Video dan Audio Saat Live

Salah satu fitur tambahan pada Live Instagram ini sedikit mirip dengan Zoom. Di mana para penggunanya bisa mematikan video dan audio saat sedang Live berlangsung. Tetapi fitur ini masih belum berlaku untuk host dan baru bisa di gunakan untuk para peserta yang di undang saja.

Reel Remix

Fitur baru dari Instagram Reel Remix ini akan memungkinkan para penggunanya untuk bisa memasukkan konten milik mereka sendiri atau konten orang lain ke dalam konten mereka. Fitur ini juga mirip dengan TikTok duet, di mana konten antar pengguna ini bisa di jadikan satu untuk mereka jadikan duet.

Fitur Insight untuk Video dan Reel

Selain fitur-fitur yang tadi Instagram juga menambahkan fitur baru yaitu fitur insight untuk video dan reel. Untuk Reel para pengguna bisa melacak efektivitas konten mereka dengan melihat komentar, bagikan, simpan, akun yang di jangkau, putar, dan juga bisa melihat suka. Sedangkan untuk Live pengguna Instagram bisa menggunakan Fitur ini untuk memeriksa jumlah akun yang terjangkau.

News Feed