Hal-hal yang Mempengaruhi Nilai Cicilan dalam Simulasi KPR Rumah

Bisnis9 views

Ingin punya rumah sendiri namun masih terkendala akan biaya, mengingat harga sebuah hunian juga tidak bisa dikatakan murah. Kegalauan semacam ini tentunya dirasakan oleh banyak orang. Termasuk diantaranya yang paling banyak adalah dirasakan oleh pasangan yang baru saja menikah atau baru membina rumah tangga. Tinggal dengan mertua tentunya tidak terasa nyaman, ditambah lagi jika seandainya harus mengontrak sebenarnya uang hanya habis untuk biaya sewa tanpa bisa memiliki hunian tersebut. Solusi terbaiknya bisa dengan ambil KPR. Ingin mengajukan kredit namun takut belum mampu membayar, tak perlu khawatir cek kemampuan bayar Anda lewat simulasi KPR dulu.

Faktanya sendiri memang ketika Anda ingin ambil KPR atau kredit banyak hal yang patut untuk dipertimbangkan. Termasuk diantaranya belum tentu nantinya akan mampu membayar cicilan yang dibebankan, apalagi jangka waktunya sendiri juga tidak sebentar, melainkan sangat lama bisa sampai puluhan tahun. Ditambah lagi untuk lembaga pembiayaan maupun bank tidak ada jaminan nantinya akan langsung mengabulkan permintaan kredit Anda, mereka juga akan menilai pada beberapa aspek termasuk diantaranya adalah kemampuan dalam membayar cicilan.

Takutnya memang ketika sudah memutuskan KPR, namun di tengah jalan tidak sanggup untuk membayar, sehingga kedepannya bisa menyebabkan berbagai macam masalah termasuk diantaranya adalah hunian disita. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu simulasi KPR yang ada. Pada dasarnya setiap lembaga pembiayaan memiliki perhitungan simulasi yang berbeda-beda, ada yang memang terasa ringan, namun juga ada yang terasa berat.

Berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang mempengaruhi nilai simulasi Kredit Pemilikan Rumah tersebut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Harga rumah, hal pertama yang pastinya punya pengaruh besar terhadap nilai KPR adalah harga dari hunian itu sendiri. Di pasaran harga hunian memang terbilang cukup bervariatif, mulai diantaranya yang murah sampai dengan yang mahal milyaran. Anda sebagai konsumen nyatanya juga harus sadar diri di manakah posisi keuangan atau kemampuan financial ketika ingin membeli rumah. Karena ketika harganya semakin mahal, otomatis membuat nilai cicilannya juga semakin besar bukan. Jika di luar kemampuan keuangan otomatis lembaga pembiayaan juga tidak akan menerima pengajuan Anda tersebut.
  1. DP atau uang muka, ketika Anda memutuskan ambil KPR maka harus membayar uang muka terlebih dahulu, meskipun memang ada diantaranya beberapa lembaga pembiayaan yang menawarkan kredit tanpa DP. Hanya saja uang muka ini juga berpengaruh terhadap nilai simulasi kreditnya, karena bagaimanapun ia akan mengurangi beban utang dalam membeli hunian. Jadi semakin besar uang muka yang Anda bayarkan nantinya, secara otomatis akan membuat beban hutang juga jadi semakin kecil atau ringan, begitu juga sebaliknya.
  1. Tenor atau jangka waktu pelunasan, jangan melupakan juga mengenai tenor atau jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasi hutang tersebut, setiap orang dapat memilih tenor yang diinginkan, mulai dari 1 tahun sampai dengan 20 atau bahkan 30 tahun, karena setiap lembaga pembiayaan juga memberikan batas waktu yang berbeda-beda. Namun kembali lagi bahwa panjang pendeknya tenor yang dipilih tersebut akan berpengaruh terhadap nilai cicilannya, karena semakin panjang tenornya maka cicilan akan jadi semakin kecil, begitu juga sebaliknya.
  1. Nilai suku bunga, jangan lupakan juga bahwa di dalam pembelian rumah dengan kredit nantinya akan dikenai dengan suku bunga, masing-masing lembaga pembiayaan ini menawarkan besaran suku bunga yang berbeda-beda, semakin besar beban suku bunga yang ditawarkan, nantinya akan membuat nilai cicilan juga jadi semakin besar, begitu juga sebaliknya. Untuk itu maka calon debitur juga harus mengecek terlebih dahulu jenis-jenis biaya tambahan yang dibebankan, tidak sekedar bunga saja.

Simulasi KPR bank BCA dapat Anda cek secara mudah di website resminya atau lewat aplikasi BCA mobile. Bukan sekedar KTA maupun kredit multiguna saja, karena bank yang satu ini juga menawarkan banyak pilihan jenis pembiayaan yang lain, Anda sebagai nasabah dari bank BCA akan menemukan banyak kemudahan melalui fitur-fitur berbasis online yang belakangan sudah dihadirkannya. Sumber Bacaan: https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First