by

Hijabers dan Revolusi Jilbab yang Kian Berkembang

-Fashion-106 views

Islam, senantiasa menganjurkan umatnya untuk senantiasa memelihara, menjaga dan menutup auratnya terutama khususnya bagi kaum perempuan. Umumnya, menutup aurat dilakukan dengan mengenakan pakaian yang sopan serta layak serta dapat menutupi seluruh bagian anggota tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki terkecuali muka serta kedua telapak tangan, mengenakan jilbab sampai menutupi dada juga mengenakan pakaian yang dapat menutupi bentuk atau lekuk tubuh. Mengenakan jilbab, adalah suatu anjuran dan perintah khusus untuk perempuan Islam. Cara berpakaian seperti ini lah yang membentuk citra diri Islam dalam masyarakat serta menjadikannya suatu identitas diri akan eksistentsi agama Islam dalam masyarakat luas. Hal ini dilakukan selain untuk menutup aurat juga bertujuan untuk membangun ahlak yang mulia sesuai dengan ajaran Islam yang syar’i.

Dunia Berkembang, Begitu Juga Dengan Jilbab

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern telah terjadi pergeseran makna akan penggunaan jilbab bagi kaum muslimah dalam Islam. Hal ini dikarenakan masuknya pengaruh modernisasi dari negara luar khususnya dari negara bagian Timur yang rata-rata penduduk muslim wanitanya mengenakan jilbab bahkan sekarang menjadi kiblat bagi kaum muslimah yang mengenakan jilbab. Dimana tujuan utama berjilbab bukan lagi untuk menutupi aurat, namun dijadikan suatu trend fashion baru dikalangan masyarakat. Fashion merupakan sebuah style atau tren yang mencakup penampilan.

Hal tersebut dapat terlihat dari cara penggunaan jilbab yang banyak dilakukan sekarang ini, dimana mengenakan jilbab hanyalah sebatas menutupi kepala saja dengan bentuk-bentuk balutan kerudung yang unik bahkan rumit. Hijabers, adalah para penggagas trend berjilbab yang hits dan kekinian ini, serta merambah banyak kalangan muda. Hijabers seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah sebuah trend fashion terbaru yang saat ini sangat poluler diberbagai kalangan. Hijabers terkenal dengan gayanya yang unik, mengenakan jilbab dengan berbagai jenis model serta memodifikasikannya dengan mengenakan pakaian, sepatu dan juga aksesoris yang membuatnya terlihat semakin fashionable.

Hijabers, Pencetus Trend Jilbab Modern

Hijabers menjadi begitu sangat happening, dan perlahan membentuk komunitas serta trnd baru di tengah masyarakat Indonesia. Komunitas adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan serta kepentingan yang sama, atau pun hobi atau kesukaan yang sama. Komunitas hijab ini merupakan suatu komunitas yang dimana didalamnya terdapat sekumpulan muslimah yang mengaplikasikan cara mengenakan hijab atau kerudung dengan style yang unik sembari mengikuti trend, supaya terlihat lebih modis. Untuk fakta di lapangan saja, sudah tidang asing lagi jika menilik kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dsb. Banyak sekali perkumpulan dan komunitas hijab yang tersebar dan menjamur di tengah masyarakat. Belum lagi di kota-kota kecil seperti Purwokerto pun Komunitas Hijab telah menjamur membangun komunitas-komunitas hijaber tersendiri.

Jilbab fashion modern, kian terkenal dan viral karena besarnya komunitas dan tidak terlepas dari keunikannya. Hal ini bisa terlihat jelas dengan menjamurnya pertumbuhan toko-toko baju baru yang menjual dan menyediakan berbagai ragam jenis kerudung dan pakaian dengan motif-motif yang beragam pula. Belum lagi para hijabers yang berkeliaran di jalan. Sebagai contoh di kampus FISIP Unsoed sendiri banyak perempuan berjilbab yang mengaplikasikan fashion hijab ini dengan style yang unik dan modis.

Opini Tentang Jilbab Modern

Jadi, berhijab memang harus memperhatikan nilai, tapi tidak mesti mempertahankan bentuk. karena dengan menghadirkan sebuah style hijab yang modis, dapat menyerap kaum muda untuk mulai mengenakan hijab dan lama kelamaan menjadi istiqomah.

Karena berhijab secara istiqomah bukan sesuatu yang mudah, dan berniat untuk berhijrah bukanlah sesuatu yang mudah didapat. Harus ada dorongan kuat dan segi ketertarikan yang mendalam. Untuk itulah harus selalu ada inovasi yang mendasar dan mengena terhadap semua golongan yang berniat berhijrah.

Comment