by

Inilah Cara Menata Bunga di Teras Rumah Agar Terlihat Lebih Indah dan Rapi

Situasi pandemi mendorong banyak orang menjajal kegiatan atau hobi baru, salah satunya berkebun. Menata bunga ternyata bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus memuaskan, loh. Cara menata bunga di teras rumah pun ternyata tidak sulit!

Menata bunga di teras rumah dapat menjadi salah satu opsi mendekorasi teras rumah. Anda dapat meletakkan tanaman bunga atau tanaman hias di area teras. Dengan penataan yang tepat, tanaman-tanaman itu akan mengubah tampilan teras rumah. Dari yang tadinya biasa-biasa saja, bagian depan rumah yang dilengkapi tanaman bunga dapat terlihat lebih indah dan segar. Yuk, ikuti tips cara untuk menata bunga di teras sebagai berikut:

1. Kelompokkan Berdasarkan Jenis

Cara pertama, kelompokkan tanaman berdasarkan jenisnya. Dekatkan tanaman sejenis di satu sudut atau bagian teras, dan beri jarak dengan jenis tanaman yang lain. Penataan seperti ini akan menciptakan kesan serasi dan tidak berantakan.

Bila luas taman Anda terbatas, Anda dapat memanfaatkan rak untuk memajang tanaman secara lebih rapi. Dengan cara ini, taman Anda tetap dapat diramaikan oleh beraneka jenis tanaman, meski lahan sempit. 

Kini tersedia berbagai pilihan rak estetik, mulai dari rak susun, gantung, dinding, dan lain sebagainya, yang tentu dapat memperindah area teras Anda. Memadupadankan rak berbagai ukuran juga dapat menimbulkan variasi yang menawan pada taman teras Anda.

2. Tentukan Tatanan Tanaman

Seperti apa penataan tanaman yang Anda inginkan? Apakah disejajarkan, dikumpulkan dalam bentuk lingkaran, dikumpulkan dalam bentuk persegi, atau diletakkan secara acak? Anda juga bisa menerapkan penataan campuran, misalnya di satu area tanaman ditata secara melingkar, sementara di area lain tanaman cukup dibariskan.

Cara menata bunga di teras rumah yang juga dapat Anda coba adalah memakai pot gantung. Pot gantung berukuran kecil dan berwarna-warni dapat menghidupkan sekaligus menyegarkan suasana teras yang asri.

3. Ciptakan Titik Pusat

Caranya, pilih satu tanaman yang berjenis unggul atau terlihat menonjol dibandingkan tanaman lainnya. Letakkan tanaman tersebut di tengah taman atau hiasi sekelilingnya dengan batu hias atau ornamen hias lain. Cara lainnya adalah meletakkan tanaman tersebut di pot berbentuk unik yang menarik perhatian.

Dengan adanya titik pusat ini, pandangan orang akan langsung tertuju pada tanaman tersebut saat melihat taman Anda. 

4. Atur Posisi Tanaman

Pengaturan ini bisa berdasarkan ukuran tanaman. Misalnya, tanaman yang berukuran kecil jangan ditaruh di belakang tanaman berukuran besar karena nanti jadi tidak kelihatan. 

Cara menata bunga di teras rumah yang lain yaitu dengan meletakkan tanaman pot kecil di atas batu tinggi sehingga sejajar dengan tanaman yang berukuran besar. Anda juga dapat meletakkan tanaman pot di atas bangku kayu atau besi untuk menciptakan gaya rustic. 

5. Bersihkan Tanaman dari Daun Kering atau Layu

Dalam merawat tanaman, Anda juga perlu rajin membersihkannya dari daun atau bunga yang sudah layu, kering, atau mati. Kumpulkan rontokan daun dan bunga di satu tempat untuk kemudian dijadikan kompos yang dapat menyuburkan tanah halaman Anda.

Teras yang cantik tidak hanya enak dipandang, tapi juga seolah menyambut siapa pun yang datang dengan penuh kehangatan. Selamat mencoba berbagai cara menata bunga di teras rumah!