by

Inilah Manfaat Banyak Minum Air Putih, Baik untuk Jaga Kesehatan

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Normalnya disarankan untuk minum delapan gelas 8 (1 gelas sekitar 237 mL) air per hari. Kebutuhan cairan bisa makin meningkat, bila suhu di luar melonjak. Tetapi tetap terhidrasi adalah kebutuhan sehari-hari, tidak peduli suhu dan musim.

Manfaat utama dari banyak minum air tentu demi menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini juga penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Air sangat penting untuk ginjal dan fungsi tubuh lainnya. Saat mengalami dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan. Selain itu, banyak minum air putih sebagai pengganti soda dapat membantu menurunkan berat badan. Inilah manfaat banyak minum air putih sebagai berikut:

1. Membantu Memaksimalkan Kinerja Fisik

Selama Anda terhidrasi, maka kinerja fisik tak akan terganggu. Apalagi bagi Anda yang latihan intens atau beraktivitas saat kondisi panas. Dehidrasi dapat memberikan efek yang nyata jika kehilangan sekitar 2 persen dari kandungan air tubuh Anda. Meski tak jarang para atlet kehilangan sebanyak 6–10 persen dari berat air mereka melalui keringat.

Hidrasi optimal telah terbukti mencegah hal itu terjadi. Bahkan dapat mengurangi stres oksidatif selama latihan intensitas tinggi. Inilah manfaat banyak minum air putih yang harus dipertahankan.

2. Secara Signifikan Memengaruhi Tingkat Energi dan Fungsi Otak

Otak Anda sangat dipengaruhi oleh status hidrasi. Mengutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun, seperti hilangnya 1-3 persen berat badan, bisa merusak banyak aspek fungsi otak.

Studi dari Oxford Academic, para peneliti menemukan bahwa pada wanita muda yang kehilangan cairan sebesar 1,4 persen setelah olahraga, mengganggu suasana hati dan konsentrasi. Itu juga meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Banyak anggota tim peneliti yang sama melakukan penelitian serupa pada pria muda. Menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,6 persen merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

Banyak penelitian lain, dengan subjek mulai dari anak-anak hingga dewasa tua. Menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, memori, dan kinerja otak sehingga demi menjaga kinerja otak dan tingkat energi, pastikan untuk banyak minum air putih.

3. Melumasi Sendi

Manfaat minum banyak air putih secara bertahap ikut membantu melumasi sendi, karena tulang rawan, ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan sendi meredam guncangan, yang menyebabkan nyeri sendi.

4. Membentuk Air Liur dan Lendir

Air liur membantu mencerna makanan serta menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembap. Lendir yang cukup akan mencegah gesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga kebersihan mulut. Manfaat banyak minum air putih sangat baik untuk menjaga kelembaban dari dalam.

5. Memberikan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Dilansir dari Medical News Today, manfaat banyak minum air putih untuk memberikan oksigen ke seluruh tubuh karena Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

News Feed