by

Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang terbilang cukup mudah kita temukan di Indonesia. Sayur berwarna orange ini memiliki terkenal sangat kaya akan vitamin dan nutrisi. Banyak orang yang tahu manfaat wortel hanya bagus untuk kesehatan mata saja lantaran kandungan vitamin A di dalamnya yang cukup tinggi. Padahal ada banyak sekali khasiat yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya. Bahkan khasiatnya ini tidak tanggung-tanggung bagus untuk seluruh tubuh.

Wortel menjadi salah satu sayur yang digemari oleh anak-anak karena tampilan warnanya yang menarik dan memiliki rasa yang manis. Di dalam wortel sangat sarat akan berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu juga menjadi sumber karotenoid atau beta karoten, serat, kalium, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Penggunaan wortel sendiri biasanya dengan dikonsumsi langsung atau ada juga yang diolah dalam bentuk jus buah, campuran sup, salad, lalapan, dll.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara rutin. Anda perlu mengetahui manfaatnya berikut ini agar semakin tergerak menggunakan sayuran yang satu ini dalam menu sehat harian:

  1. Membantu meningkatkan daya ingat.

Bagi para pelajar, memiliki daya ingat yang bagus akan sangat mempermudah dalam menerima pelajaran. Namun kadang kalanya beberapa anak memiliki daya ingat yang rendah dan menjadi kendala dalam belajar. Untuk mengatasi hal ini, mengkonsumsi wortel bisa menjadi salah satu yang bisa dicoba. Karena di dalam buah wortel mengandung beta karoten yang bagus untuk meningkatkan daya ingat. Bahkan juga dengan rutin mengkonsumsi wortel juga akan mengurangi resiko terkena stress oksidatif yang berujung pada penyakit tertentu, seperti demensia.

  • Mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Selain kaya akan vitamin dan serat, di dalam sayuran wortel juga terkandung nutrisi yang bernama kalium. Kalium sangat diperlukan oleh tubuh terutama dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Biasanya bagi pelaku diet rendah kolesterol akan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung potassium. Sehingga wortel bisa menjadi pilihan tepat untuk menu diet yang menyehatkan.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh.

Jus wortel biasanya banyak digunakan oleh pelaku diet karena lebih rendah kalori. Tak hanya itu saja, dengan rutin mengkonsumsi jus wortel ternyata juga bisa membantu meningkatkan sekresi pada empedu, yang dampaknya sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang meningkat akan berpengaruh juga dalam menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C selain didapatkan dari buah jeruk, bisa juga didapatkan dari wortel. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga mengkonsumsi wortel secara rutin akan sangat membantu dalam hal ini.

  • Menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya yang perlu untuk dicegah dan diwaspadai. Karena tidak sedikit orang yang meninggal karena menderita penyakit ini. Salah satu cara pencegahan dari penyakit kanker adalah dengan rutin mengkonsumsi wortel. Hal ini karena kandungan karetenoid yang tinggi dalam wortel bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker.

  • Membuat kulit semakin sehat.

Manfaat wortel lainnya yang pasti akan sangat disukai para wanita yaitu dapat menyehatkan kulit. Bahkan dengan mengkonsumsi wortel juga bisa sebagai perawatan kulit, terlebih bagi Anda yang sering terkena paparan sinar matahari. Selain itu, wortel juga berguna dalam mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Comment

News Feed