by

Kisah Jokowi Muda yang Sukses Jadi Pengusaha

-Politik-232 views

Indonesia Maju – Melihat kembali sepak terjang Jokowi muda yang sukses jadi pengusaha, pria lulusan Universitas Gajah Mada ini tidak pernah mengenyam pendidikan politik, tapi Jokowi muda memulai karirnya dari dunia bisnis.

Jokowi muda adalah pekerja keras, di awal karirnya Jokowi bekerja di perusahaan pemerintah PT. Kertas Kraft Aceh. Waktu bekerja di perusahaan tersebut jokowi harus keluar masuk hutan, pata tahun 1986. Jokowi bekerja dilapangan hingga menanam pohon, pekerjaan itu dilakoninya selam kurang lebih dua tahun, dalam waktu dua tahun adalah waktu yang cukup untuk mengumpulkan modal dan membangun usahanya sendiri.

Setelah itu Jokowi kembali ke kota solo, dan bergabung dengan perusahaan mebel milik pamannya yaitu CV Roda Jati. Di perusahaan itu Jokowi muda banyak belajar sebelum akhirnya membangun sendiri perusahaan furniture.

Pada tahun 1989, Jokowi mulai membangun usahanya di bidang furniture, pada waktu itu memang usaha furniture sedang mengalami masa kejayaan, nama perusahaan furniturnya adalah CV Rakabun yang di ambil dari nama putra sulungnya yaitu Ghibran Rakabuming.

Usaha yang dijalankan Jokowi tidaklah selamanya mulus. Jokowi harus merasakan pahitnya menjadi pengusaha yaitu dia tertipu order sebesar 30 juta rupiah, dari perusahaan yang bertempat di Jakarta, namun dari pengalaman itu Jokowi bisa belajar dan sehingga perusahaannya bisa lebih maju lagi.

Pada masa itu pemerintah mengeluarkan program anak angkat dan ayah angkat,  dan perusahaan Jokowi yaitu CV Rakabun mendapatkan Perum Gas Negara sebagai ayah angkat dan berhasil mendapatkan pinjaman modal sebesar 500 juta. Karena dana pinjaman ini perusahaan Jokowi maju pesat, pesanan pun dating dari dalam dan luar negri, untuk mensukseskan tingginya permintaan ke luar negri atau export CV Rakabun berganti setatus menjadi PT( Perseroan Terbatas ). Dan jokowi berhasil membuktikan jika pilihannya membangun usaha Furniture tidak salah. Menurut informasi pendapatan yang di peroleh pada tahun 2008 sebesar Rp.6.09 miliar dan terus mengalami kenaikan, pada tahun 2010 sebesar Rp.6.1, tapi pada tahun 2009 CV Rakabun, mengalami penurunan omzet yaitu Rp. 5.76 miliar.

Setelah mendapatkan pinangan dari PT. Toba sejahtera CV rakabun kembali membesar. Dengan PT. Toba sejahtera membuat usaha patungan. Dengan keberhasilan yang di raih Jokowi dibidan usaha furniture, Jokowi dapat banyak perhatian dari kalangan pengusaha mebel, dan Jokowi di angkat menjadi ketua Asosiasi Pengusaha Permebelan dan Kerajinan Indonesia.

Dari situlah nama jokowi mulai dikenal banyak pengusaha hingga akhirnya beliau menjadi walikota solo, walikota DKI Jakarta dan sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia.

Menurut beliau kunci sukses itu ada tiga, kunci sukses yang beliau terapkan di dunia bisnis sama seperti yang di tanamkan kepada pelanggan yaitu kita harus berlaku jujur, disiplin dan juga kerja keras. “jadi kuncinya itu tiga itu, jadi jika kunci itu tidak di terapkan jangan berharap agar usahanya akan berhasil. Ungkap Jokowi. Dengan menerapkan 3 prinsip itu Jokowi mampu membuat usahanya menjadi semakin berkembang dan sukses. Dan Jokowi juga mengatakan usha itu harus naik kelas, “misalkan dapat Rp. 2 juta, jangan dipakai untuk beli baju, nanti jika sudan untung baru ambil dari untungnnya itu, nanti kalo naik kelas pinjam lagi sebesar Rp. 4 juta. Jika kemudian naik lagi, pindan ke KUR yang bisa meminjamkan Rp. 25 juta. Jadi usaha itu harus naik kelas”. Ungkap Jokowi.

Comment

News Feed