by

Perlu Dicatat, Ini Jadwal Imunisasi Anak

Jadwal Imunisasi Anak – Anda tentu tahu fungsi penting dari imunisasi bukan? Kalau begitu, apakah anak Anda sudah dibawa untuk imunisasi? Pertanyaan berikutnya, apakah imunisasi anak Anda sudah lengkap? Tentunya, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mengarahkan anak Anda untuk lebih kuat pada penyakit berbahaya.

Selanjutnya, apa saja imunisasi yang perlu diberikan pada anak? Kemudian, kapan waktu yang tepat untuk memberikan imunisasi pada anak?. Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, perlu diingat bahwa imunisasi ditujukan untuk memperkuat sistem imun dan membantu meningkatkan pembentukan antibodi untuk perlindungan terhadap patogen seperti kuman, bakteri, virus, jamur, dan segala yang menjadi penyebab penyakit berbahaya.

Bentuk nyata imunisasi sebenarnya adalah memasukkan jenis virus atau bakteri penyakit yang sudah dilemahkan, untuk dikenalkan pada sistem pertahanan tubuh anak. Jadinya, di masa depan, sistem imun di tubuh anak Anda sudah bisa mengenali penyakit tersebut ketika baru masuk, dan akan dilawan dengan serangan tertentu. Dengan kata lain, sistem imun diperkenalkan dengan jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya, namun sudah dilemahkan, agar dikenali agar lebih berhati-hati dengan penyakit tersebut di kemudian hari.

Namun, entah kenapa sekarang justru yang muncul adalah gerakan anti imunisasi. Padahal, penyakit berbahaya seperti polio, campak, cacar air dan sebagainya justru bisa menular. Bayangkan, bila anak Anda diimunisasi, sedangkan temannya tidak. Akhirnya, teman anak Anda yang menularkan penyakit tersebut pada anak Anda, bukan?

Apalagi, bila anak Anda tidak divaksin. Tentunya, resiko tertular menjadi jauh lebih besar. Bakteri penyebab penyakit berbahaya akan masuk dengan mudah, serta menyebar ke seluruh tubuh anak tersebut. Lebih parahnya, anak tersebut juga akan menularkan penyakit itu pada orang lain, termasuk orang tuanya. Tentu, jumlah penyakit tersebut akan terus bertambah semakin hari, selanjutnya angka kematian juga akan semakin bertambah.

Untuk itu, sangat diperlukan imunisasi bagi anak, mulai dari baru dilahirkan. Ada beberapa imunisasi wajib yang penting untuk dilakukan. Berikut daftarnya:

Jadwal Imunisasi Anak

1. Vaksin Hepatitis B

Vaksin ini harus diberikan segera setelah anak lahir, paling lambat 12 jam. Vaksin ini juga dilakukan tiga kali, pertama adalah vaksin yang diberikan sesaat setelah bayi lahir. Kedua, vaksin diberikan ketika anak berusia 1 bulan dan yang terkahir diberikan ketika anak berusia 6 bulan.

2. Vaksin Polio

Polio juga merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan langsung menyerang saraf pusat di otak. Vaksin polio harus diberikan pada anak sebanyak 4 kali, yakni setelah lahir, kedua diberikan pada usia 2 bulan, ketiga diberikan pada usia 4 bulan dan terakhir diberikan pada anak usia 6 bulan.

3. Vaksin BCG

Vaksin yang satu ini ditujukan untuk melawan penyakit tuberkulosis atau TBC. Vaksin ini diberikan ketika anak berusia 2 bulan, atau paling lambat sebelum berusia 3 bulan.

4. Vaksin Campak

Vaksin campak dan rubela perlu dilakukan pada anak sebanyak 2 kali. Pertama, ketika anak berusia 9 bulan dan terakhir ketika berusia 24 bulan.

5. Vaksin Pentavalen

Vaksin ini merupakan kombinasi vaksin DPT, HB dan HiB. Kelebihan vaksin ini adalah dilakukan untuk melawan 6 penyakit, antara lain pneumonia, meningitis, tetanus, pertusis dan difteri. Vaksin ini dilakukan sebanyak 4 kali, yakni ketika usia 2 bulan, yang kedua ketika berusia 3 bulan, yang keempat ketika berusia 4 bulan dan terakhir ketika berusia 18 bulan.

Demikian vaksin wajib yang perlu diberikan pada bayi pada jenjang waktu tertentu. Usahakan jangan sampai terlambat. Untuk perlindungan yang lebih baik, Anda juga musti melengkapi dengan imunisasi tambahan seperti vaksin MMR, tifoid, rotavirus, PVC, Varicella dan influenza. Jadi, sudahkan Anda melakukan imunisasi pada anak Anda?

Comment

News Feed