by

Pinjaman Uang Online yang Cocok Bagi Pensiunan, Memangnya Ada?

Pinjaman pensiunan mungkin bukan lagi hal asing bagi Anda yang merupakan pensiunan PNS atau BUMN. Sebab, selain uang penghargaan masa kerja yang diterima keseluruhan di awal pensiun, pensiunan PNS atau BUMN rata-rata juga menerima dana pensiun bulanan dari pemerintah atau perusahaan. Untuk PNS, dana pensiun bulanan ini diberikan hingga seumur hidup atau sampai yang bersangkutan meninggal dunia.

Sementara bagi pensiunan BUMN, dana pensiun biasanya diserahkan ke asuransi BUMN untuk dikelola. Selanjutnya, pihak yang pensiun dapat menentukan mau mengambil dana tersebut secara keseluruhan atau menyetujui dana untuk dikelola asuransi agar menjadi dana pensiun bulanan. Sesuai dengan batas usia atau periode yang telah disepakati.

Saat masa pensiun tiba, setiap pensiunan pastinya menerima Surat Keputusan (SK) dari direksi atau pihak yang berwenang di instansi pemerintahan atau perusahaan terkait. Tidak hanya berisi keterangan pemutusan hubungan kerja karena pensiun, di dalam surat ini biasanya juga tertera hak-hak apa saja yang diterima pegawai yang pensiun beserta rincian jumlahnya.

Maka dari itulah, surat ini dapat digunakan sebagai jaminan jika pensiunan yang bersangkutan ingin mengajukan pinjaman uang ke bank. Ditambah, dengan bukti keterangan bahwa setiap bulannya pensiunan yang bersangkutan masih menerima dana pensiun bulanan yang nantinya akan diautodebet untuk memotong angsuran pinjaman per bulannya hingga masa tenor selesai. Maksimal angsuran yang bisa diambil adalah 90% dari total dana pensiun bulanan.

Pinjaman untuk pensiunan umumnya ditawarkan oleh bank-bank milik pemerintah seperti BRI, BNI, dan BTN. Limit pinjaman yang ditawarkan biasanya variatif dan bergantung pada besaran pensiun bulanan yang diterima oleh pensiunan terkait. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, kini pinjaman pensiunan tidak hanya terbatas pada bank aja lho. Sebagian pinjaman uang online juga ada yang ‘ramah’ dan bisa menjangkau para pensiunan. Salah satunya Kredivo, yang merupakan fintech kredit digital sekaligus pinjaman uang yang aman dan telah terdaftar di OJK sejak awal tahun 2018.

Kredivo cocok digunakan oleh pensiunan, sebab persyaratan pendaftarannya adalah sebagai berikut: 

  1. WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal sebsar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Seperti yang kita semua tahu, batas usia pensiun normal adalah 55 tahun sementara maksimumnya adalah 60 tahun. Terkait hal ini, artinya Anda masih memenuhi kriteria untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna Kredivo untuk mengajukan pinjaman uang yang dibutuhkan. Namun, mengingat ada syarat minimum penghasilan yang diterapkan yaitu sebesar Rp 3 juta, maka sebelum daftar Anda perlu memastikan kembali bahwa dana pensiunan yang Anda terima per bulan ke rekening sesuai dengan angka tersebut.

Daftar Kredivo tidak memerlukan slip gaji. Anda cukup menyambungkan akun internet banking yang aktif sebagai bukti penghasilan. Disarankan akun internet banking tersebut merupakan rekening dana pensiun Anda agar besaran pensiunan bisa terlihat dan teranalisa oleh Kredivo. Selain itu, sebagai bukti domisili, Anda juga perlu menyambungkan satu dokumen tambahan berupa akun e-commerce yang aktif dan ada histori transaksinya.

Misalnya, Anda pernah berbelanja di Tokopedia atau Shopee lalu punya akun pelanggan. Nah, akun inilah yang wajib disambungkan ketika Anda mendaftar sebagai pengguna Premium Kredivo.

Mulai dari untuk kebutuhan darurat hingga pinjaman untuk modal bisnis skala kecil, Anda bisa mengandalkan Kredivo. 

Sebab, Kredivo dapat memberikan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta. Cocok jika Anda perlu pinjaman untuk kebutuhan darurat hingga pinjaman untuk membangun bisnis berskala kecil. Yang paling menarik, tidak perlu mengunggah atau menjaminkan SK pensiun Anda untuk pinjam dana di Kredivo. Prosesnya jauh lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman pensiunan ke bank. Namun, dalam hal ini, jika Anda memerlukan uang yang lebih besar dari Rp 30 juta hingga ratusan juta, maka bank adalah opsi yang paling tepat. Asalkan, besaran dana pensiun Anda mencukupi untuk mendapatkan limit pinjaman tersebut.

Nggak perlu susah mencetak dokumen fisik sebab pendaftaran Kredivo dilakukan secara online dari awal hingga akhir melalui aplikasinya. 

Anda dapat mengunduh aplikasi Kredivo secara gratis di Google Play Store atau App Store. Pilih daftar sebagai akun Premium agar Anda berpeluang mendapatkan limit yang maksimal. Daftar sesuai instruksi yang diberikan. Pastikan Anda mengunggah data-data yang valid dan bisa terbaca. Setelah itu, tunggu proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. Kalau sudah menerima limit, Anda bisa langsung menggunakan limit tersebut sesuai kebutuhan.

Butuh pinjaman uang? Maka cairkan limit menjadi pinjaman uang tunai lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo di bagian dasbor aplikasi. Pinjaman mini dapat digunakan untuk pengajuan pinjaman yang kecil, mulai dari 500 ribu dalam tempo 30 hari. Sementara pinjaman jumbo dapat digunakan untuk pengajuan pinjaman yang menengah, mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta sesuai batas limit yang Anda miliki untuk tenor 6 bulan. Nggak perlu khawatir perkara suku bunga. Kredivo adalah salah satu fintech yang menerapkan suku bunga terendah dibanding yang lainnya: hanya 2,95% per bulan dengan potongan biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman.

Bagaimana, tertarik mencoba?

Comment

News Feed