by

Tiga Jenis Tes Covid-19 yang paling Populer dari SehatQ.com

Hingga saat ini penyebaran kasus virus Covis-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Kurang lebih 9 bulan lebih virus Corona menetap di Indonesia dan merenggut 35.786 jiwa (data pemerintah, pada Minggu 24 Febuari 2021 pukul 12:39 WIB). Pemerintah sudah berusaha melakukan berbagai upaya pencegahan dengan semaksimal mungkin untuk mengenai tingginya kasus Covid-19 ini yang kian hari bertambah. Namun usaha ini juga tampaknya belum bisa mengatasi persebaran virus karena belum bisa menunjukkan penurunan jumlah kasus terjangkit virus ini. Berbagai kebijakan juga turut dibuat untuk mendukung usaha pemerintah, seperti pembatasan sosial, pengetatan protokol kesehatan, dan lain sebagainya.

Salah satu kebijakan pemerintah yang digadang-gadang akan mampu mengatasi persebaran virus Covid 19 ini adalah normal baru atau “New Normal”. Kebijakan new normal ini diberlakukan dengan memperketat protokol kesehatan dan juga melakukan pembatasan jam normal aktivitas keseharian masyarakat. Kegiatan normal baru ini mengharuskan kepemilikan surat keterangan bebas Covi-19 bagi masyarakat yang ingin bepergian jauh. Kebijakan ini juga didukung oleh beberapa alat transportasi di Indonesia yang mewajibkan tes covid terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Saat  ini sudah banyak stasiun dan bandara yang menyediakan layanan tes covid bagi para calon penumpangnya.

Selain itu surat keterangan bebas covid ini juga dijadikan sebagai syarat oleh beberapa instansi seperti universitas, perusahaan, dan lainya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini kalian dapat menggunakan berbagai layanan jasa tes covid-19. Berikut ada beberapa promo kesehatan dari SehatQ.com yang bisa menambah informasi tes covid-19 bagi kalian.

  • Rapid Antigen

Tes covid-19 tipe ini dilakukan dengan cara mengambil sampel cairan atau lendir yang ada di hidung maupun tenggorokan. Antigen merupakan sebuah zat asing yang masuk pada tubuh manusia. Zat ini dapat berupa virus, racun, atau kuman yang dapat membahayakan tubuh manusia. Untuk melawan zat yang berbahaya ini tubuh manusia dibekali dengan antibodi atau zat kekekalan tubuh yang berfungsi untuk membentuk imun. Beberapa riset menyatakan bahwa meskipun masih dibawah PCR test, Rapid Antigen memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan tes covid-19 yang lainya. Dilansir dari sehatQ.com tes ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 200 ribu. Untuk prosedurnya pasien akan diminta untuk sedikit mendongak agar lebih mudah dalam memasukkan cotton bud dalam lubang hidung. Setelah itu dokter akan menyapukan dan memutar alat swab tadi selama beberapa saat.

  • PCR test

Tes ini merupakan tes yang paling direkomendasikan oleh (WHO). PCR test tergolong tes yang digunakan untuk mendeteksi DNA dan RNA yang ada pada suatu virus, sel, atau kuman. Salah satu kelemahan dari tes ini adalah memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil akhir dari tes. Namun meskipun memerlukan waktu antara 1 sampai 7 hari, PCR test ini memiliki akurasi yang sangat tinggi dibandingkan yang lainya. Salah satu virus yang dapat dideteksi oleh PCR test adalah virus covid-19. Untuk melakukan tes PCR ini SehatQ.com memberikan penawaran harga sebesar Rp. 899.000 (harga sudah termasuk diskon 50%)

  • Rapid tes antibodi

Rapid tes antibodi merupakan jenis tes pendeteksi corona yang pertama kali muncul. Tes ini mendeteksi virus corona melalui imunitas tubuh yang telah memproduksi antibodi pemusnah virus covid-19. Meskipun terhitung paling awal, sayangnya tes ini memiliki akurasi yang rendah dibandingkan dengan tes yang lainya. Hasil perubahan dari tes ini berupa reaktif (untuk positif) dan non reaktif (untuk negatif).

Comment

News Feed