by

Tips Belajar Investasi untuk Mahasiswa dan Pelajar

-Bisnis-18 views

Akan ada beberapa orang yang mungkin akan menyindir kalian saat mereka tahu jika kalian yang masih seorang mahasiswa dan juga pelajar ingin berinvestasi. Tetapi dengan adanya sindiran ini jangan sampai membuat semangat kalian patah, malah seharusnya sindiran tersebut kalian jadikan semangat untuk kalian melakukan apa saja yang hendak kalian lakukan.

Kalian boleh-boleh saja minim akan sebuah pengalaman dan tidak mempunyai banyak uang, tetapi alasan tersebut tidak boleh kalian jadikan alasan untuk melupakan keinginan kalian untuk berinvestasi. Karena sebenarnya, kalian juga bisa menyisihkan sebagian uang jajan kalian setelah semuanya terkumpul banyak kalian bisa mulai untuk berinvestasi.

Agar nantinya jerih payah kalian dalam investasi tidak menjadi sia-sia, kalian bisa simak beberapa tips belajar investasi untuk mahasiswa dan pelajar dari https://sickforprofit.com untuk kalian.

Sisihkan Sebagian Uang Jajan atau Penghasilan

Pastinya saat ini kalian yang masih menyandang  status pelajar dan mahasiswa masih sering dikasih uang jajan oleh orang tua kalian. Atau kalian mahasiswa dan pelajar yang mempunyai pekerjaan part time, bisa menyisihkan sebagian dari uang kalian setiap bulannya. Agar nantinya kalian memiliki modal untuk mulai berinvestasi.

Untuk kalian yang sudah terbiasa hidup dengan boros, bahkan kalian yang sering minta ke orang tuanya uang jajan tambahan pastinya sangat sulit untuk kalian bisa menabung. Tetapi dengan keinginan dan juga tekad yang sangat kuat, tentunya kalian pasti bisa untuk melakukan hal tersebut. Kalian juga bisa mulai menambung dari nominal yang kecil terlebih dahulu.

Cek Cash Flow Secara Rutin

Mulai dari uang untuk membeli pulsa, nongkrong, jajan dan uang bulanan. Coba kalian hitung berapa pendapatan kalian setiap bulannya, kemudian kalian kurangi dengan pengeluaran rutin kalian. Jangan hanya karena kalian ingin berinvestasi, kalian jadi tidak bisa nongkrong dengan teman-teman atau bahkan kalian sampai tidak bisa makan.

Kalian bisa mencatat pemasukan dan juga pengeluaran kalian dalam satu buku, yang nantinya berguna sebagai pertinggal jika sewaktu-waktu pengeluaran kalian membengkak. Jadi kalian bisa membandingkan pengeluaran untuk masing-masing pos dan juga kalian bisa mengetahui mana saja pos yang memiliki biaya paling banyak.

Pilih Investasi yang Sesuai dengan Status Kalian

Wajar saja jika saat ini kalian masih mengandalkan orang tua kalian, karena kalian masih seorang mahasiswa dan juga pelajar yang belum memiliki penghasilan yang tetap. Untuk kalian kami sarankan kalian memilih investasi yang sesuai dengan status kalian sebagai seorang mahasiswa dan pelajar. Seperti misalnya reksa dana, saham, atau P2P lending. Karena ketiga instrumen ini memiliki modal yang masih terjangkau untuk berinvestasi.

Tujuan Kalian Berinvestasi

Ketika kalian akan berinvestasi tentunya kalian harus mempunyai sebuah tujuan, agar nantinya ketika kalian sedang menjalani prosesnya tidak ada kata malas atau ingin berhenti berinvestasi. Kalian harus sangat konsisten ketika melakukan semua hal yang sudah kalian mulai dari awal, agar nantinya kalian bisa mendapatkan hasil akhir yang cukup bagus dan tentunya sesuai dengan harapan kalian saat ini.

Misalnya tujuan kalian berinvestasi untuk mendapatkan modal nikah, maka kalian bisa menghitung terlebih dahulu estimasi untuk biaya pernikahan yang ingin kalian selenggarakan nantinya dengan lengkap. Jika tujuan kalian untuk membeli sebuah rumah, kalian bisa cari tahu terlebih dahulu kisaran harga rumah yang kalian inginkan. Ini bertujuan agar kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu uangnya.

News Feed