by

Trik Jual Mobil Saat Pandemi

Jual mobil bekas di masa pandemi sebenarnya masih menjanjikan, karena tidak setiap orang mampu membeli mobil baru. Sementara kebutuhan kendaraan semakin tinggi di musim hujan ini, Anda harus mampu memanfaatkan peluang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa gejolak pasar menurun saat masa pandemi, sementara mobil yang ada di bagasi tidak semua digunakan sebenarnya tiap hari. Di sisi lain kebutuhan Anda dan keluarga semakin meningkat, dan skill dagang Anda tidak sepandai yang lain. Jangan dulu pesimis dengan fakta itu, karena internet sebenarnya memudahkan kita untuk bertemu pembeli. Anda hanya perlu beberapa tips berikut sebelum menjual mobil bekas kepada pelanggan:

Cek kondisi mobil

Langkah pertama yang harus Anda ketahui adalah kondisi mobil yang ingin dijual. Apalagi jika mobil yang ingin Anda jual jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Mengecek kondisi mobil bisa menjadi patokan Anda untuk mengetahui harga jual yang pantas, jika beberapa fitur di dalam mobil yang sudah tidak bisa digunakan artinya Anda juga harus mengurangi harga jual. Selain itu memeriksa kondisi mobil sangat penting untuk keselamatan pengguna barunya.

Cari tahu harga mobil yang ingin dijual

Anda harus tahu harga mobil yang ada di pasaran saat ini, paling tidak untuk mengukur harga yang pantas. Semakin Anda menawarkan dengan harga terbaik, semakin tertarik calon pelanggan untuk membeli mobil Anda. Tips dari kami, jual harga yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah agar Anda tetap mendapat keuntungan dengan harga yang wajar.

Kondisi harus baik

Jika ada kekurangan di dalam mobil Anda, sebaiknya mulailah diperbaiki. Pembeli biasanya melihat kondisi mobil dari segi kebersihan, eksterior, kabin interior dan kelebihan mobil Anda.  Calon pembeli akan lebih tertarik dengan mobil yang kondisi AC nya masih baik, radio yang masih berfungsi, dan fitur-fitur yang lengkap. Tampilan mobil yang layak jual membuat pelanggan berpikir bahwa uang yang mereka keluarkan tidak sia-sia.

Perawatan Mobil

Meski tidak ada pelanggan yang ingin melakukan test drive atau melihat kondisi mobil saat ini, Anda harus rutin membersihkan mobil. Bersihkan interior mobil menggunakan kemoceng atau lap kanebo, dan pastikan ada pewangi mobil di dalamnya. Jika ada noda kotor pada bodi eksterior, jangan malas untuk membersihkannya. Perawatan juga termasuk wax, coating dan kaca film agar terlihat lebih bersih.

Ruang mesin juga harus

Mobil yang bersih akan mempengaruhi afeksi psikologis calon pembeli, ia akan menilai bahwa mobil Anda terawat dengan baik. Bukan tidak mungkin ia akan mempertimbangkan untuk membeli mobil Anda yang kondisinya masih bagus, apalagi mesin yang terlihat bersih. Anda bisa membersihkan sendiri dengan bantuan sabun, air bersih, dan sikat kecil yang bisa menyelip ke sela-sela mesin.

Jika tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan sendiri, Anda bisa membawanya ke tempat cuci mobil profesional. Meski sudah membawanya ke tempat cuci mobil, lakukan pembersihan secara rutin setiap pagi dengan lap kering atau kemoceng karena debu akan selalu menempel lewat celah-celah yang tidak terduga.

Potret mobil semenarik mungkin

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kenampakan foto yang menarik akan dengan mudah memancing calon pembeli lewat platform online. Anda bisa membawa mobil ke area perbukitan yang sepi, atau ke tempat dengan latar yang menarik dan mengambil foto dengan kamera. Semakin menarik gambar mobil yang Anda tampilkan ke dunia maya, semakin tertarik calon pembeli untuk mengetahui mobil Anda saat ini. Ambilah potret foto yang beragam mulai dari eksterior dari berbagai sisi, bagian kabin, hingga mesin. Gambar yang beragam dan spesifik juga memudahkan pelanggan untuk menilai mobil yang Anda tawarkan.

Dokumen lengkap

Tak perlu mencantumkan foto dokumen secara jelas pada laman social media atau situs jual beli online. Anda bisa menyimpannya di lemari dengan aman. Cukup beri tahu kepada pelanggan bahwa mobil ini masih memiliki dokumen dan surat yang lengkap. Paling tidak legalitas kendaraan Anda tidak diragukan. Pajak yang masih berjalan juga akan menjaga kestabilan harga mobil Anda agar tidak terlalu murah.

Percayakan kepada agen terpercaya

Tidak sedikit agen jual beli mobil yang menyimpan mobil di area lapang, sementara mobil Anda akan ada di tempat yang sama sepanjang hari. Entah itu panas atau hujan mobil Anda akan terparkir di posisi yang sama, bukankah itu tidak menjaga kualitas mobil?

Lebih baik Anda percayakan kepada dealer mobil terpercaya seperti mobil88, salah satu perusahaan dari Astra. Dengan mempercayakan mobil bekas kepada mobil88 Anda akan mendapatkan penawaran harga yang sesuai. Cukup jaga mobil Anda di garasi rumah, kemudian tim mobil 88 akan segera datang ke rumah untuk melakukan pengecekan. Tahap-tahap yang harus Anda ketahui untuk menjual kendaraan ke mobil88 adalah:

  1. Isi formulir.
  2. Tunggu 2-3 hari, kemudian tim dari mobil88 akan segera datang ke rumah melakukan pengecekan.
  3. Negosiasikan harga.
  4. Jika sudah deal, Anda akan mendapatkan pencairan dana dari tim mobil88 1×24 jam.

Comment

News Feed